11/10/12

Kretin Endemik

           Banyak hal yang menyebabkan gangguan pertumbuhan tinggi badan anak-anak salah satunya yaitu kretin endemik. Kretin endemik merupakan salah satu spektrum GAKI (Gangguan Akibat Kekurangan Iodium ) yang terjadi pada fetus.


SURVEI EPIDEMIOLOGIK KRETIN ENDEMIK
            Kretin endemik merupakan akibat GAKI terparah pada manusia. Umumnya dianggap merupakan dampak kekurangan unsur yodium selama kehidupan fetal sampai 3 tahun pertama kehidupan bayi.
ETIOLOGI KRETIN ENDEMIK
            Etiologinya hingga kini belum diketahui dengan tepat. Umumnya disepakati bahwa pada tipe nervosa penyebabnya ialah kekurangan hormon tiroid intrauterin sedangkan kasus hipotiroidisme atau kretin miksedematosa seperti di Zaire, disebabkan kekurangan hormon tiroid intrauterin ditambah kerusakan kelenjar tiroid karena atrofi kelenjar tiroid karena bermacam-macam sebab (antara lain bahan goitrogen, defisiensi zinc, efek defisiensi). Terjadinya gangguan kretin endemik tergantung dari berat ringan defisiensi yodium in utero dan post partum, kapan insult hipotiroidisme ini terjadi, pada waktu itu bagian saraf mana yang sedang tumbuh, lama defisiensi dsb. Beberapa data perkembangan intrauterin yang penting sehubungan dengan masalah tadi adalah : a) produksi T4 fetus baru mulai minggu 12-13 dan sebelumnya disuplai oleh ibu ; b) perkembangan mielinisasi fetus mulai bulan 5, Cerebelum dan hipocampus bulan 8 dan diteruskan post partum, sedangkan pertumbuhan mata (mi 3-8), corpus callosum (4-14), jalur subarachnoid (6-16), cochleal (9-14), cortex cerebri (10-44).
            Dengan demikian insult waktu intrauterin menyebabkan kretin neurologik dengan gambaran gangguan pada SSP yang terganggu selama perioda intrauterin; insult gestasi akhir yang diteruskan post partum menyebabkan kretin miksedematosa, sedangkan tipe campuran (mixed type) terjadi karena insult intrauterin dan post partum.
Sumber :

Sudoyo, Aru W dkk (Editor). 2010. Ilmu Penyakit Dalam Ed III Jilid V. Jakarta : Interna Publishing

No comments:

Post a Comment