8/10/12

Infeksi Jamur


Jamur yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia antara lain adalah dermatofit ( dermathophyte, bahasa yunani, yang berarti ‘tumbuhan kulit’) dan jamur serupa ragiCandida albicans, yang menyebabkan terjadinya infeksi jamur superfisial pada kulit, rambut, kuku dan selaput lendir. Jamur lainnya dapat menembus jaringan hidup dan menyebabkan infeksi di bagian dalam.
Dermatofit termasuk dalam kelompok jamur yang menyebabkan kelainan yang disebut infeksi ‘ringworm’. Fase vegetatif jamur dermatofit terdiri dari hifa-hifa bersepta yang membentuk suatu anyaman bercabang-cabang (miselium).

A.    Infeksi dermatofit
Jamur dermatofit dinamai sesuai dengan genusnya (Microsporum, Trichophyton dan Epidermophyton) dan spesiesnya misalnya, M. Canis, T. Rubrum). Beberapa jamur hanya menyerang manusia (antopofilik) dan  yang lainnya terutama menyerang hewan (zoofilik) walau kadang-kadang bisa menyerang manusia.
Dermatofit hanya tumbuh dalam keratin-stratum korneum dari kulit, rambut dan kuku.

1.      Tinea pedis (athlete’s foot)
Merupakan infeksi dermatofit yang tersering. Biasanya terdapat rasa gatal pada daerah di sela-sela jari kaki yang berskuama, terutama diantara jari ketiga dengan keempat dan keempat dengan kelima, atau pada telapak kaki. Infeksi ini biasanya didapat dari adanya kontak dengan debris keratin yang terinfeksi pada lantai kolam renang dan kamar mandi.

2.      Tinea krusis
Lebih sering terjadi pada laki-laki dan jarang pada wanita. Gambaran klinisnya khas, dan mudah dibedakan dengan intertrigo, psoriasis, psoriasis fleksural dan dermatitis seboroik fleksural. Teppi erimatosa yang berskuama pelan-pelan menjalar ke bawah paha bagian dalam, dan meluas ke belakang ke daerah perineum dan bokong.Sumber infeksi hampir selalu berasal dari kaki pasien.

3.      Tinea korporis
Tinea pada tubuh secara khas mempunyai bagian tepi yang meradang, sedangkan bagian tengah bersih, tetapi penampakan seperti ini relatif jarang. Bentuk eksema anular lebih sering ditemukan dan hal ini sering dikelirukan dengan ringworm.

4.      Tinea manum
Ringworm pada tangan biasanya unilateral. Pada telapak tangan gambarannya berupa lesi eritematosa dengan sedikit skuama, sedangkan pada punggung tangan gambaran peradangan lebih jelas, dengan pinggir berbatas tegas. Sumber jamur hampir selalu berasal dari kaki pasien.

5.      Tinea unguium
Distrofi kuku jari kaki karena jamur sangat sering terdapat pada orang dewasa dan hal ini selalu berkaitan dengan adanya tinea pedis.

6.      Tinea kapitis
Merupakan penyakit yang terutama menyerang anak-anak, jarang pda orang dewasa. Hal ini mungkin ada kaitannya dengan perubahan kandungan asam lemak dalam sebum pada saat menjelang pubertas. Jamur yang umumnya menjadi penyebab timbulnya tinea kapitis (scalp ringworm) bervariasi pada berbagai tempat di dunia.
7.      Kerion
Kerion (Bahasa Yunani, yang berarti ‘sarang lebah’) merupakan istilah yang dipakai untuk tinea kapitis yang berat, biasanya diakibatkan oleh jamur pada cattle ringworm, walau kadang-kadang oleh jamur yang lain.
8.      Cattle ringworm
Di daerah pedesaan, petani-petani muda sering menderita cattle ringworm. Wajah dan lengan bagian depan adalah tempat-tempat yang sering terkena. Di situ terjadi reaksi peradangan yang hebat terhadap jamur, menghasilkan gambaran yang menyerupai infeksi bakteri
9.      Tinea incognito
Istilah ini dipakai untuk infeksi jamur yang gambarannya telah berubah akibat pengobatan dengan steroid topikal yang tidak sesuai.
10.  Misetoma (Madura foot)
Di daerah tertentu, misalnya di daratan India, trauma pada kaki menyebabkan terjadinya inokulasi jamur tanah tertentu, yang menimbulkan infeksi kronis pada kulit bagian dalam disertai pemnenyukan abses dan sinus-sinus pengalir cairan.

B.     Infeksi candida
Kandidiasis (moniliasis; ‘thrush’adalah istilah yang dipakai untuk infeksi kulit dan selaput lendir yang disebabkan oleh jamur serupa-ragi dari genus Candida. Yang paling sering adalah Candida albicans, yang dalam keadaan normal merupakan komensal dalam saluran pencernaan, di mana C. Albicans berada dalam keseimbangan dengan flora bakteri.

1.      Kandidiasis mukosa pipi
Berupa plak tebal seperti kepala susu, bewarna putih, melekat pada mukosa pipi.

2.      Keilitis angular (parlẽche)
Kelilitis angular adalah proses peradangan yang terdapat pada sudut mulut. Faktor-faktor utama penyebabnya, baik sendiri maupun bersama-sama adalah infeksi oleh Candida atau stafilokokus dan terbentuknya lipatan-lipatan yang menonjol pada sudut mulut, yang bisa disebabkan karena usia , atau pada orang-orang yang ompong tetapi gigi palsunya tidak dipakai atau dipakai tetapi tidak cocok.

3.      Paronikia kronis
Merupakan proses peradangan kronis pada lipatan kuku proksimal dan matriks kuku. Gambaran klinis berupa penebalan dan eritema pada lipatan kuku proksimal dan hilangnya kutikula.

4.      Balanitis/vulvovaginitis
Balanitis berupa bercak-bercak kecil bewarna putih atau daerah yang mengalami erosi yang terdapat pada kulit ujung penis dan glans penis pada orang-orang yang tidak disunat. Vulvovaginitis candida menimbulkan keluarnya sekret vagina yang berbentuk seperti krim dan adanya eritema pada vulva yang terasa gatal.

5.      Intertrigo
Merupakan istilah yang dipakai untuk maserasi yang terjadi pada tempat-tempat dimana dua permukaan kulit saling menempel-lipat paha, aksila, daerah lipatan payudara atau daerah di bawah lipatan lemak perut.

C.     Ptiriasis versikolor
Penyakit ini terutama terdapat pada orang dewasa muda dan disebabkan oleh ragi Malassezia, yang merupakan komensal kulit normal pada folikel pilosebaseus. Ini merupakan kelainan yang biasa didapatkan di daerah beriklim sedang, bahkan lebih sering lagi terdapat di daerah beriklim tropis.
Pada kulit yang terang, lesi berupa makula cokelat muda dengan skuama halus di permukaan, terutama terdapat di badan dan lengan atas. Pada kulit gelap, penampakan yang khas berupa bercak-bercak hipopigmentasi. Hilangnya pigmen diduga ada hubungannnya dengan produksi asam azelaikoleh ragi, yang menghambat tirosinase dan dengan demikian mengganggu produksi melanin.
Diagnosis dapat dipastikan bila pada pemeriksaan mikroskopis terhadap kerokan kulit dalam campuran kalium hidroksida 10% dan tinta Parker Quink dapat ditemukan gambaran khas berupa kumpulan spora bulat dan hifa yang pendek gemuk (suatu gambaran yang dikenal sebagai spaghetti dan bola-bola daging’). Pengobatan yang sederhana adalah dengan menggunakan selenium sulfida dalam bentuk shampo (Selsun), dibiarkan di kulit selama beberapa menit sewaktu mandi.

Ujud Kelainan Kulit (UKK) untuk Ptiriasis versikolor

Tipe lesi       : Berskuama
Batas            : Bercak berbatas sangat jelas (sirkumskrip)
Warna          : Putih atau kecoklatan
Lokasi          : Terlihat pada tubuh, leher dan ekstremitas
Distribusi     : Diskret (terpisah satu dengan yang lain)

Sumber :      
1. Brown, RG dan Tony Burns. 2005. Dermatologi ed 8. Jakarta :EMS
2. Price dan wilson. 2006. Patofisiologi vol 2 ed. 6. Jakarta : EGC

                                  

1 comment:

  1. Herpes adalah penyakit serius dan berulang yang tidak dapat disembuhkan melalui obat-obatan atau suntikan oleh dokter Amerika tetapi cara terbaik untuk menangani Herpes adalah dengan meminum obat herbal alami untuk itu, saya telah membaca tentang DR JAMES, dokter ahli herbal yang menyembuhkan saya dari herpes dengan obat herbal yang kuat. Saya menghubungi dia untuk mengetahui bagaimana dia dapat membantu saya dan dia mengatakan kepada saya untuk tidak pernah khawatir
    bahwa dia akan membantu saya dengan ramuan alami dari Tuhan!
    Setelah 2 hari menghubunginya, dia memberi tahu saya bahwa obatnya sudah siap dan
    dia mengirimkannya kepada saya melalui UPS SPEED POST dan itu sampai kepada saya setelah 3 hari!
    Saya menggunakan obat itu seperti yang dia perintahkan kepada saya (PAGI dan MALAM) dan ternyata saya
    sembuh!
    ini benar-benar seperti mimpi tetapi saya sangat senang! untuk orang yang menderita penyakit berikut: Penyakit Alzheimer, Penyakit Bechet, Penyakit Crohn, Penyakit Parkinson, Skizofrenia, Kanker Paru, Kanker Payudara, Kanker Colo-Rectal, Kanker Darah, Kanker Prostat, siva. Penyakit Dupuytren, Tumor bulat-sel kecil Desmoplastik Diabetes, penyakit Celiac, Penyakit Creutzfeldt-Jakob, Angiopati Amiloid Serebral, Ataksia, Artritis, Amyotrophic Lateral Sclerosis, Fibromyalgia, Fluoroquinolone Toksisitas
    Syndrome Fibrodysplasia Ossificans ProgresS sclerosis, Kejang, penyakit Alzheimer, Adrenocortical carcinoma. Asma, penyakit alergi. AIDS, Herpe, Copd, Glaucoma., Katarak, degenerasi makula, penyakit kardiovaskular, penyakit paru-paru, kanker prostat, osteoporosis, kanker prostat
    Dementia.Lupus.
    , Penyakit Cushing, Gagal Jantung, Multiple Sclerosis, Hipertensi, Kanker Colo_Rectal, Penyakit Lyme, Kanker Darah, Kanker Otak, Kanker Payudara, Kanker Paru-Paru, Kanker Ginjal, HIV, Herpes, Hepatitis B, Radang Hati, Diabetes, Fibroid,
    harus menghubungi dia untuk obat herbal karena saya adalah kesaksian hidup dan saya sembuh dari herpes dan obatnya sah. Saya mengiriminya apa yang dia minta dan dia mengirimi saya obatnya yang saya minum selama 2 minggu yang baik dan hari ini saya di sini dengan hasil negatif. Ketika saya pergi untuk tes saya sangat senang setelah minum obat herbal, saya memberi penghormatan kepada negaranya untuk merayakan bersamanya di festival Afrika-nya yang dia katakan biasanya terjadi setiap tahun. Anda dapat menghubunginya melalui VIA E-mail drjamesherbalmix@gmail.com atau nomor whatsapp: +2348152855846

    ReplyDelete